Pages

Labels

Senin, 27 Februari 2012

KEMUDAHAN ISLAM DAN PENGARUHNYA BAGI PERBAIKAN MASYARAKAT


Wahai umat manusia “ bertakwalah kepada Alloh. Alloh telah berfirman ,“ Hai manusia, sungguh janji Alloh itu benar, maka jangan sekali-kali kehidupan dunia memperdayakanmu dan jangan sekali-kali setan yang pandai menipu memperdayakanmu tentang Alloh. Sesungguhnya setan adalah musuh bagimu , maka anggaplah ia musuh ( mu ), karena sungguh setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.” ( Fathir : [35] 5-6 )
Bila hari kiamat telah tiba, setan berlepas diri dari para pengikutnya dan berkata “ Sungguh, dulu Alloh telah menjanjikan janji yang benar untuk kalian, sebagaimana dulu aku telah berjanji kepadamu, tetapi lantas aku menyelisihi janjimu kepadamu itu. Namun tiadalah aku memiliki daya apapun terhadapmu, selain aku mengajakkmu lantas kamu mengikuti ajakanku. Maka, jangan mencelaku tetapi celalah dirimu sendiri. Aku sama sekali tidak dapat menolongmu, sebagaimana kamu tidak bisa menolongku.”  Ketika itulah para pengikut setan berteriak-teriak, celaka, celaka ! mereka mengatakan “ andaikata dulu kami mendengar dan berfikir, tentulah kami tidak termasuk penghuni neraka. “  
Kaum muslimin! salah satu bentuk permusuhan setan adalah ia membuat gambaran buruk dan menakutkan tentang agama ini kepada  anda semua, supaya kalian lari darinya. Setan menggambarkan bahwa agama islam itu mengekang kebebasan, menghambat manusia untuk meraih kemajuan dan kemakmuran. Demikianlah setan menggambarkan agama ini kepada kita , sehingga kita tidak mau lagi memandang dan berpegang teguh kepadanya
Orang yang berakal andaikata ia mau melihat agama ini secara cerdas dan adil, niscaya akan mendapati bahwa agama ini sama sekali bersih dari semua sifat buruk yang diceritakan kepadanya ini. Justru sebaliknya, agama ini adalah agama kebebasan yang sejati dan proporsional, agama keluasan, kemudahan, kemajuan, dan kebahagiaan. Mari kita sedikit melihat kepada syari’iat-syari’at agama ini agar bisa kita bandingkan dengan lainnya.
Kaum muslimin ! agama ini dibangun diatas lima rukun, yaitu Syahadat bahwa tidak ada sesembahan yang benar selain Alloh dan Muhammad utusan Alloh; menegakkan Sholat; membayar Zakat; puasa Romadhon; dan berHaji ke baitul haram . kesemua rukun ini mudah. Semuanya mengandung pendidikan moral, perbaikan hati, dan perbaikan keadaan.
Syahadat bahwa tidak ada sesembahan yang benar selain Alloh berarti membersihkan hati dari penyembahan dan penghambaan kepada siapapun sesama mahluk, dan membatasi penghambaan hanya kepada Alloh robbul alamin yang telah mengaruniakan wujud dan rizki kepadamu. Anda berstatus  hamba jika dikaitkan dengan-Nya, tetapi dikaitkan dengan selain-Nya anda adalah seorang yang merdeka. Sungguh bodoh, bila anda tidak mau menhambakan diri kepada Alloh dimana ini merupakan penghambaan yang benar, tetapi justru memilih membelenggu diri dengan menghambakannya kepada hawa nafsu, atau kepada dunia, atau kepada fulan dan fulan. Syahadat bahwa Muhammad rasul Alloh berarti membersihkan mutaba’ah ( peneladanan kepada mahluk manapun selain Rasululloh Robbul Alamin, yang mendapat tugas menyampaikan risalah kepada anda dan andapun diwajibkan mengikuti risalahnya . beliau akan bertanggung jawab apakah telah menyampaikan risalah itu, sedangkan anda bertanggung jawab untuk mengikuti “ maka sesungguhnya kami akan menanyai umat-umat yang telah diutus rasul-rasul kepada mereka dan sesungguhnya kami akan menanyai (pula) rasul-rasul (Kami).” (Al-A’raf [7] : 6)
Tidak diragukan lagi  bahwa setiap orang pasti dalam beramal mengikuti jalan yang telah digariskan, entah mengikuti jalan para nabi atau jalan orang-orang tersesat. Pikirkanlah, manakah diantara kedua jalan tersebut  yang lebih benar dan lebih lurus ?
Mengenai menegakkan sholat, sungguh ini merupakan sesuatu yang sangat mudah serta sangat bermanfaat bagi hati maupun badan, dan bagi individu maupun masyarakat. Ia adalah jalinan yang menghubungkan anda dengan Rabb anda. Anda berdiri dihadapan-Nya dengan tunduk dan khusyukd an tunduk dalam rangka bertaqarrub kepada-Nya sesuai dengan syari’at yang diperintahkan-Nya kepada anda, serta memohon kepada-Nya kebutuhan-kebutuhan dunia dan akhirat anda. Sholat akan meningkatkan iman anda meleburkan dosa-dosa anda dan mengantarkan anda sejajar dengan orang-orang yang sholeh. Sholat juga merupakan sarana anda untuk memohon pertolongan kepada Alloh menyangkut urusan anda dan dunia anda, serta mencegah anda dari perbuatan keji dan mungkar.
Demikian pula menunaikan zakat, yaitu memberikan bagian tertentu dari harta anda untuk membantu saudara-saudara anda atau untuk kepentingan Islam, merupakan hal yang sangat mudah dan beranfaat. Dengannya orang yang menunaikan zakat  membersihkan diri dari ahlak-ahlak yang tercela dan dosa-dosa yang memberatkan. Sedekah bisa memadamkan dosa sebagaimana air yang memadamkan api.
Adapun puasa Romadhon, satu bulan dalam setiap tahun, anda menahan diri dari makan minum dan hubungan seks di siang hari yang merupakan keinginan nafsu anda sebagai upaya mendekatkan diri kepada Alloh dan dalam mendahulukan ridlo-Nya dibanding hawa nafsunya , disamping masih banyak lagi keuntungan dari berpuasa.
Adapun berhaji sekali seumur hidup  bagi yang mampu. Seseorang datang ke baitullah untuk melaksanakan berbagai ritual ibadah, mengagungkan Alloh, beribadah kepada-Nya dan memohon kepada-Nya agar dipenuhi kebutuhan-kebutuhan menyangkut agama dan dunianya.
Wahai kaum muslimin! , Islam merupakan satu-satunya agama yang patut dibanggakan karena islam memerintahkan semua ahlak yang mulia dan melarang semua ahlak yang tercela, memerintahkan pula semua kemajuan dibidang-bidang yang mengandung kebaikan

0 komentar:

Posting Komentar

 

Google+ Badge

Google+ Badge

Google+ Badge

Google+ Followers

Google+ Followers