Pages

Labels

Selasa, 05 Maret 2013

lactosa intolerant


MEKANISME INTOLERANSI LAKTOSA



Mata Kuliah
AGRIBISNIS TERNAK PERAH

Oleh:
BasthomiIzza A                      (105050100111168)

Kelas: G
Absen : …


FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2013

SUSU DAN LAKTOSA
Gambar 1. Proses pemecahanenzimlaktosa
Susumerupakanbahanpangan yang memilikikandungannutrisilengkapmulai protein, lemak, vitamin, mineral, karbohidrat.Satu-satunyakandungankarbohidrat yang hanyaterdapatpadasusuadalahLaktosa. Laktosamerupakankarbohidratdarigolongandisakarikda yang tersusunolehglukosadangalaktosa.Manusia yang menkonsumsisusudapatmemecahlaktosadenganbantuanenzimLaktase. Produksienzimlaktasepadatubuh yang cukupdapatmencernalaktosapadasusudenganbaik, namunpadatubuh yang produksiLaktasekurang, ketikatubuhmengkonsumsisusumenyebabkanintoleranlaktosa (Defisiensilaktosa) akibatnyaterjadigangguansistempencernaansepertisakitperut, diare, perutkembung.
Enzimlaktase
Gambar 2.LaktaseterletakPada Brush Border Vili
EnzimLaktaseberfungsiuntukmemecahgulaLaktosamenjadimonosakaridaberupaglukosadangalaktosa agar siapdimanfaatkanolehtubuh.Enzimlaktaseterdapatpada organ bagian Brush border mukosausushalus.Keberadaanlaktosaberperanuntukmemasoksember energy sebesar 30-40%, selainitulaktosadibutuhkanuntuk absorbs kalsium. Hasilhirolisalaktosamenjadigulasederhanagalaktosadigunakanuntukpembentukansebrosida yang pentinguntukperkembanganotak. Enzimlaktasemerupakandalamenzim β-galactosidasesehinggamemilikiaktivitasglikosidasedanglikosilceramidase.Laktasememilikiduasisiaktif yang digunakanuntukmemecahlaktosadanuntukhidrolisispholorizindanglikolipid.Pholorizinbergunauntukmanusiadalammenjagakeadaanlaktasedalamtubuhsetelahfasepenyapihan.
Aktifitasenzimlaktasetelahdijumpaipadamanusiasejakpadausiakehamilanumur 3 bulan, aktifitasiniakanterusmeningkatsampaimingguke 38 hingga 70%. Aktivitaslaktasemulaimenurunpadausia 2-5 tahun (Sinuhaji, 2006).
MekanismeIntoleransiLaktosa
Intoleransilaktosaterjadikarenadefisiensilaktase.Sehinggalaktosatidakdapatdipecahakibatnyatubuhtidakmampumenyeraplaktosa yang dikonsumsi, sehinggalaktosaakanmenumpuk di dalamkolon. KemudianLaktosadimanfaatkanmikroorganismetubuhuntukfermentasi, hasilfermentasiberupa gas metandan hydrogen.Produksi gas tersebutmenimbulkandistensiusus, flatulensiadan rasa sakitpadaperut.Selainitumikroorganismemenghasilkanasamlaktat yang aktifdalamsecaraosmotikmenarik air kelumen usus, demikianjugasisalaktosa yang tidaktercernajugamenarik air sehinggamenyebabkandiare. Kondisiiniakanmenghambatpenyerapannutrisi lain sepertilemakdan protein.

DaftarPustaka:
Badan POM RI. 2008. KenaliIntoleransiLaktosaLebihLanjut. Vol. 9, No. 1 Januari 2008
Intanwati, Sherly. 2012. IntoleransiLaktosa. MakalahBiokimiaKedokteran.
Sinuhaji AB. 2006. IntoleransiLaktosa. Majalahkedokterannusantara 39, 4, 424-429.

0 komentar:

Posting Komentar